Kamis, 11 Februari 2010

Isi Khotbah Shalat Jum'at 12 Februari 2010 Masjid Nurul Iman Penjaringan Timur Surabaya

Shalat Jama'ah Jum'at kali ini saya ikuti di Masjid Nurul Iman Jl. Penjaringan Timur IX Surabaya. Khotbah dimulai kira-kira pukul 12 lewat sedikit. Setelah adzan kedua khotib mulai meyampaikan khutbah. Seperti biasa khotbah diawali dengan bacaan kalimat-kalimat thayibah yang termasuk dalam rukun khotbah shalat jum'at. Kemudian beliau menyampaikan isi khotbah yang beliau beri judul "Pentingnya Melakukan Pendidikan terhadap Diri Sendiri".
Melakukan pendidikan terhadap diri sendiri adalah sangat penting, hal ini berkaitan erat dengan perintah Allah SWT yang menyatakan bahwa kita diwajibkan untuk menjaga diri kita sendiri dan keluarga kita dari siksa api neraka. Siksa neraka sangatlah menyiksa melebihi apa yang dikira manusia di dunia. Bahkan beliau menyampaikan sebuah hadits yang menyebutkan bahwa neraka itu dipanaskan selama seribu tahun kemudian menjadi merah, kemudian dipanaskan lagi seribu tahun kemudian menjadi putih, kemudian dipanaskan lagi seribut tahun sehingga neraka itu menjadi hitam gelap. Betapa panasnya hingga jika pintu neraka dilubangi dengan jarum maka panas yang keluar tidak akan sanggup ditahan oleh bumi atau jika sepetak lantai di neraka diletakkan di atas gunung tertinggi di bumi maka gunung itu hancur.
Lantas bagaimana caranya menjaga diri dan keluarga dari siksa neraka sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT? Caranya adalah sebagai berikut:
1. Melaksanakan semua perintah Allah SWT dan menjauhi semua laranganNya.
2. Amar ma'ruf nahi munkar (mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar